Minggu, 02 September 2012

Kunci Utama Bahasa Inggris

http://grammar.ccc.commnet.edu/grammar/verbs.htm


Bahasa Inggris yang tergolong bahasa asing buat penutur asli Indonesia memang menjadi momok yang sering dibahas. Berbagai artikel membahas cara praktis belajar bahasa Inggris. Bahkan ada yang berani memberi jaminan hidupnya jika ia gagal dengan metode yang ditawarkan.
Bahasa Inggris memang unik. Bahasa Inggris bukan bahasa kita, tapi sering kita perdebatkan kebenaran dan kesalahan, menurut versi kita sendiri. Tanpa bermaksud menggurui atau mendoseni, hee ada sedikit informasi dari saya tentang bahasa asing ini.

Dari berbagai teori tentang bahasa Inggris, baik itu teori tata bahasa, teori penerjemahan maupun teori metafungsi milik Halliday, kata kerja menjadi satu titik kunci untuk menentukan keseluruhan makna, kata atau ungkapan tersebut. Kata kerja inilah yang menjadi kunci utama, dilihat dari teori-teori tersebut. Sebagai contoh, teori tata bahasa Inggris semua berakar dari kata kerja. Jika kita bisa menentukan kata kerja utama suatu kalimat, kita bisa menentukan kalimat tersebut sesuai tata bahasa atau tidak. Berikut contohnya:
“Find out what your level is using this short adaptive English language test.”
sumber: www.edufind.com/english/grammar/ 
Ada yang tau gak kata kerja utama dari kalimat diatas???
Bagi yang belum tau, berikut penjelasannya:
Kalimat diatas terdiri atas beberapa kata dan jenis/kelas kata. Namun begitu kita cukup focus pada kata kerja saja. Kalau kita amati ada tiga kata kerja yaitu find, is, dan  using. Dari ketiga kata kerja tersebut tentu anda (sebagian) yang bingung menentukan kata kerja utamanya.  Sederhana saja. Karena kalimat tersebut diawali dengan kata kerja, kata kerja yang pertamalah yang menjadi kata kerja utama. Kenapa??? Jawabannya adalah, pertama kalimat tersebut tergologn sebagai kalimat perintah atau istilahnya imperative sentence. Dan kalimat perintah diawali dengan kata kerja. Lalu bagaimana dengan dua kata kerja lainnya? Apa kedudukan mereka?
Kata kerja is bukan berkedudukan sebagai kata kerja utama. Dia merupakan “anak” atau istilah lainnya auxiliary verb yang muncul sebagai kata kerja dari sub clause what your level is. Sedangkan kata kerja yang terakhir yaitu  using dia muncul sebagai bentuk penyederhanaan juga yang berkedudukan sebagai sub clause.
Demikian penjelasan singkat saya, semoga bermanfaat. Untuk lebih jelasnya, tunggu tulisan saya selanjutnya… :)  atau comment dibawah sini.

0 Komentar:

Posting Komentar

Ads 468x60px

Social Icons

About Me

Foto Saya
Ali Mahfud, S.Pd., Gr.
Penulis adalah pengajar di salah satu SMPN di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur
Lihat profil lengkapku

About Me

Foto Saya
Ali Mahfud, S.Pd., Gr.
Penulis adalah pengajar di salah satu SMPN di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur
Lihat profil lengkapku

Followers

Featured Posts