Senin, 05 November 2012

Pulau Keramat di Sungai Mahakam



Ini cerita menarik lain yang aku peroleh dari obrolan bersama warga kampung Sirau. Cerita ini terkait sebuah pulau yang membelah sungai Mahakam. Pulau itu kecil berada ditengah-tengah aliran sungai. Sepi tanpa penghuni. Dan cerita ini terkait asal usul masyarakat sekitar menyebutnya sebagai pulau Keramat.
Perlu diketahui pulau Keramat berada diantara kampung Mamahaq Teboq dan kampung Sirau. Jarak tempuh dari Kecamatan Tering sekitar 4 jam melalui jalur sungai. Itu jika kita menggunakan kapal. Akan lebih cepat jika kita menggunakan speed boat. 1 jam sudah sampai. Tentu ongkosnya pun berbeda. Bisa tiga kali lipat. Pulau-pulau semacam pulau Keramat sebenarnya juga ada dan terletak ditengah-tengah aliran sungai Mahakam. Namun, pulau keramat adalah pulau yang berbeda karena memiliki sejarah tersendiri.

Dahulu kala ada seorang lelaki yang disebut habib. Habib adalah sebutan bagi keturunan rosul yang mengajarkan agama islam. Habib ini umumnya dikenal hanya di Indonesia. Setahu saya begitu. Entah di Negara lain mengenal habib atau tidak. Yang jelas keberadaan keturunan rosul Muhammad ada di seluruh dunia dan masih menyebarkan ajaran Islam sampai saat ini.
Habib tersebut diketahui sering hilir mudik melalui jalur sungai Mahakam bersama anaknya. Berdua mereka keluar masuk kampung di sepanjang sungai Mahakam untuk menyebarkan ajaran Islam. Alkisah suatu ketika, ada warga kampung Datah Bilang yang tidak menyukainya. Singkat cerita, habib tersebut dibunuh dan dibunag begitu saja.
Atas rencana tuhan yang maha pengasih, jasad habib tersebut ditemukan oleh salah seorang warga kampung Sirau yang letaknya tidak jauh dari kampung Datah Bilang. Warga tersebut kemudian merawat sampai menguburkan jasad dari habib yang sudah meninggal oleh warga Datah Bilang. Oleh warga kampung Sirau habib tersebut dimakamkan di sebuah pulau yang terletak ditengah-tengah aliran sungai Mahakam. Karena kematiannya yang tragis, habib tersebut menyebar kutukan kepada warga kampung Datah Bilang. Namun berbeda dengan kampung Sirau, habib justru member berkah kepada warganya. Lantaran kutukkannya itulah kemudian warga sekitar menyebutnya sebagai pulau Keramat. Tidak jelas jenis kutukan apa yang diberikan oleh habib tersebut. Yang jelas keberadaan kampung Datah Bilang sempat kurang stabil. Disaat bersamaan kampung Sirau justru memperoleh keberkahan hidup.
Kebenaran dari cerita itu mungkin banyak yang menyangsikan. Lantaran kondisi saat ini berbeda jauh antara kampung Sirau dan kampung Datah Bilang. Kedua kampung yang berada di kecamatan Long Hubung tersebut bernasib berbeda saat ini. Kampung Datah Bilang yang sudah terpecah menjadi tiga kampung yaitu Datah Bilang Ilir, Datah Bilang Ulu dan Datah Bilang Baru jauh lebih ramai dan berkembang dibandingkan kampung Sirau yang sempat “mati”. Selama beberapa tahun kampung Sirau hilang tidak tertdaftar sebagai salah satu kampung di kecamatan Long Hubung. Baru beberapa tahun belakang kampung Sirau hidup kembali dan dihuni oleh beberapa orang yang juga berasal dari kampung sekitar seperti kampung Lutan, dan Datah Bilang.
Pas Jatah Pemadaman bergilir di Long Hubung, 25 Oktober 2012

3 komentar:

  1. http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/kepribadian-anda-dilihat-dari-pilihan.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/herbal-pembunuh-sel-kanker-payudara.html http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/makin-banyak-emak-emak-anti-vaksin-yang.html http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/6-kisah-penampakan-ufo-di-masa-perang.html http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/jakarta-di-guyur-hujan-deras-bagaiman.html
    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At Dominovip.com ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - Skype : Vip_Domino
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM
    - No Hp : +855-8173-4523

    BalasHapus
  2. terima kasih info mengenai sungai mahakam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Silakan jelajahi bumi Kalimantan yang elok dengan alamnya.
      Terima kasih sudah berkenan mampir ke blog sederhana saya

      Hapus

Ads 468x60px

Social Icons

About Me

Foto Saya
Ali Mahfud, S.Pd., Gr.
Penulis adalah pengajar di salah satu SMPN di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur
Lihat profil lengkapku

About Me

Foto Saya
Ali Mahfud, S.Pd., Gr.
Penulis adalah pengajar di salah satu SMPN di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur
Lihat profil lengkapku

Followers

Featured Posts